[Resensi] Fixing a Broken Heart

Judul: Fixing A Broken Heart
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, Mei 2017
Tebal: 296 halaman
ISBN: 978-602-03-4002-9



MISTERI DI BALIK GEMERLAPNYA INDUSTRI HIBURAN


Gemerlapnya dunia hiburan terkadang membuat sebagian orang tertarik ingin memasuki dunia tersebut. Namun dalam kenyataannya dunia yang terlalu memukau pasti memiliki misterinya sendiri. Termasuk industri hiburan yang sering menjerat korban tanpa memandang siapa pun orangnya.

Tokoh utama dalam cerita ini tengah dekat dengan Austin, seorang artis muda yang tengah naik daun. Austin tak nyaman ketika ia sering digosipkan yang aneh-aneh oleh media. Namun ia tahu itu adalah risiko pekerjaannya (hlm 16). Meskipun salah satu efek sampingnya Austin harus putus dari sang pacar sewaktu baru memasuki dunia entertainment.

Di sisi lain, Austin memiliki seorang sahabat dari kalangan artis yang bernama Roman. Roman yang dulunya disiplin dan berkemauan keras berubah menjadi sosok yang berbeda ketika memasuki Rising Star, salah satu manajemen artis. Austin sempat mengingatkan Roman, namun hal itu malah membuat hubungan mereka renggang selama setahun terakhir (hlm 23).

Hari itu kabar tentang kecelakaan yang dialami Roman mengusik Austin. Austin ingin segera menemui sahabatnya itu, tetapi kemungkinan telah banyaknya wartawan dan keluarga yang membesuk Roman membuat Austin memilih menunda kedatangannya. Sayangnya malam itu juga Roman meninggal dunia dan beberapa hari kemudian penyebab kematian Roman yang sebenarnya terungkap. Roman meninggal karena overdosis.

Tak lama setelah kejadian, Sid, kakaknya Roman mendatangi Austin. Kedatangan Sid itu sekaligus menyampaikan kalau sebelum kematiannya Roman ingin datang menemui Austin dan ingin keluar dari Rising Star. Menurut Roman, kariernya bisa hancur kalau terus bertahan di manajemen artis tersebut. 

Sid pun berpikir kalau kematian adiknya itu tidak wajar. Sebelum ini, Roman bebas narkoba dan memiliki pacar yang setia. Bahkan Sid selalu menggeledah barang-barang Roman agar adiknya yang pernah rehabilitasi itu tidak kembali menjadi pecandu. Selain itu Roman juga menjadi lebih sering berada di rumah daripada sebelumnya. Jadi kabar yang mengatakan Roman meninggal karena pesta seks dan narkoba rasanya terlalu jauh berbeda dari kondisi terakhir Roman. 

Banyak hal aneh yang terjadi sebelum kematian Roman. Salah satunya ialah pertemuannya dengan Bos Rising Star. Namun Bos Rising Star itu membantah pernah bertemu Roman malam itu. Austin yang tidak tahu menahu soal manajemen tersebut memilih untuk tidak mencari tahu lebih lanjut. Ia berharap misteri kematian Roman segera terungkap. Sementara itu Sid terus menyelidiki kematian adiknya. Hingga tak lama Sid pun ditemukan tak bernyawa di dalam sebuah mobil (hlm 232).

Pada akhirnya Bos Rising Star ditahan, dengan dugaan membangun manajemen artis untuk menyembunyikan bisnis narkoba dan prostitusi. Kematian Roman dan Sid hanyalah imbas dari bisnis gelap tersebut.

Meski bukanlah tema utama yang dibahas di novel ini, misteri tentang dunia hiburan ini menarik untuk disimak. Kadangkala seseorang hanya melihat sesuatu dari satu sudut pandang. Salah satunya adalah sorotan media yang berhasil membuat seseorang menjadi terkenal dan kaya. Keinginan untuk menjadi terkenal dan menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat tersebut bisa mendorong seseorang ke sisi positif atau negatif. Tergantung seberapa siapnya untuk menghadapi dunia yang penuh taburan bintang itu.

Novel ini mengingatkan kita berhati-hatilah jika berurusan dengan industri hiburan. Dengan banyaknya kejadian-kejadian di industri tersebut, ada baiknya agar tidak mencoba-coba memasukinya. Atau jika sudah terlanjur masuk, berpegang teguhlah pada prinsip yang ada. Menjauhlah dari tempat  yang jelas-jelas lebih banyak mengandung keburukan. Karena manusia lebih gampang tergoda untuk mengikuti perbuatan buruk, daripada sebaliknya.

Posting Komentar

0 Komentar