[Review] Summer In Seoul



Judul: Summer In Seoul
Penulis: Ilana Tan
Terbit: Oktober 2014
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-2224-60-3
Keterangan: Novel MetroPop (Indonesia)

Blurb

Jung Tae-Woo––penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

"Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku," kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy alias Han Soon-Hee––gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, "Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat."

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai "kekasih" Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.


-----


Ponsel Sandy tidak sengaja tertukar dengan ponsel Jung Tae Woo saat gadis itu sedang memesan makanan di toko. Sandy pun datang ke rumah Jung Tae Woo dan menukar ponselnya kembali.
Beberapa hari kemudian keduanya bertemu kembali di tempat kerja Sandy yang merupakan sebuah butik yang ramai pengunjung. Sandy yang mengetahui ia akan bertemu dengan Junh Tae Woo lagi sengaja memakai topi besar untuk menutupi wajahnya.
Tapi tanpa sengaja Jung Tae Woo melihat wajah Sandy saat gadis itu sedang melepas topinya. Jung Tae Woo pun bersusah payah untuk membuat Sandy mengenalinya. Ia pun heran dengan tingkah gadis itu yang biasa-biasa saja padahal sedang bertemu dengan seorang artis. Jung Tae Woo berpikir apa jangan-jangan ia kurang terkenal?


"Karena kau sudah membantuku satu kali, bagaimana kalau kau membantuku lagi?"
"Bantu... apa?"
"Jadi pacarku."


Sandy menuruti permintaan itu dengan syarat wajahnya tidak boleh terlihat. Sandy tidak meminta imbalan apapun pada Jung Tae Woo karena ada satu hal yang harus ia ketahui dari pria itu. Namun, lama kelamaan perjanjian mereka bukan sekadar foto bersama, tapi masa lalu itu kembali dan membuat Jung Tae Woo menyadari siapa Sandy sebenarnya.


Kisah yang sederhana dan terkesan mainstream, apalagi buat penggemar k-pop. Berpusat pada kehidupan seorang penyanyi dan rumor-rumor aneh yang mendatanginya sebelum comeback. Ilana Tan berhasil memasukkan sedikit twist pada cerita sederhana ini. Seperti penyebab Sandy tidak terlalu tertarik pada dunia artis, lalu bentuk dan dering ponsel Sandy dan Jung Tae Woo yang sama persis, kemudian bagaimana cara teman Sandy mengetahui perjanjian Sandy dengan Jung Tae Woo. 
Dan juga pembawaan Ilana Tan yang menuliskan ceritanya dengan cara dominan di deskripsi perasaan dan pikiran membuat tokoh-tokoh itu tampak nyata dan saya sendiri pun secara tak langsung dapat membayangkan bagaimana rupa Sandy dan bagaimana rupa Jung Tae Woo. 
Tapi ada sedikit yang mengganggu di pikiran saya, yaitu bagaimana bisa Jung Tae Woo langsung menjadikan nomor Sandy sebagai speed dial-nya di angka 9, padahal waktu itu Jung Tae Woo belum menyukai Sandy. Selain itu romance di awal cerita agak susah saya pahami karena entah mengapa terasa terlalu cepat. Namun tetap saja saya suka novel-novel bernuansa narasi perasaan seperti ini dan di akhir cerita pun Ilana Tan meletakkan satu kejutan kecil lagi.

Quote:


"...bagaimana seseorang bisa melupakan artis yang ia temui tadi malam?" -- Jung Tae Woo 
"Di masa sekarang ini tidak ada yang bisa disembunyikan selebriti." -- Sandy 
"Asalkan kau selamat, itu sudah cukup." -- Jung Tae Woo 
"Seluruh Korea akan tahu kau kekasihku. Apakah aku tidak boleh makan malam dengan kekasihku?" -- Jung Tae Woo 
"Kalau dia memang bisa selingkuh atau setidaknya punya hubungan dengan wanita, bukankah sejak awal aku tidak dibutuhkan?" -- Sandy 
"...kau tidak mungkin berpikir aku akan tinggal di sini dan menjadi bebanmu selamanya, bukan?" --Sandy 
"Menurut persetujuan yang dulu, aku hanya akan menjadi pacarmu dalam foto." -- Sandy
 "Kalau suatu saat nanti kau rindu padaku, kau mau memberitahuku?" -- Jung Tae Woo


(rating: 3 dari 5 bintang) 

Posting Komentar

0 Komentar