[Review] Mr B vs Miss AB: Reality

Judul: Mr B vs Miss AB: Reality
Penulis: Byanca Sastra
Desain Cover: Jang Shan & Dyndha Hanjani P.
Penata Isi: Yusuf Pramono
Terbit: Maret 2015
Tebal: 234 halaman
Penerbit: Grasindo
ISBN: 978-602-251-922-5
Keterangan: Novel Romance Indonesia, Blood Type Series



"Laki-laki itu merepotkan!"


Blurb


Han Mi Soo

Usiaku baru enam tahun saat kecelakaan besar yang telah merenggut nyawa kedua orang tuaku itu terjadi. Hari-hari yang kuhabiskan di panti asuhan membuatku belajar banyak tentang kenyataan hidup. Setelah diadopsi pun aku tetap bertekad untuk selalu merawat anak-anak yang berada di sana. Namun semua berubah ketika seorang pengacara bernama Choi Ji Hoon datang dan berusaha untuk merobohkan panti asuhan kami. Dan untuk membalasnya, kini aku berdiri di depan pintu rumahnya sambil membawa anak-anak untuk meminta tanggung jawab serta hatinya.


Choi Ji Hoon

Sebagai seorang pengacara sukses, aku tidak pernah menyerah dalam semua kasusku, Termasuk kasus kali ini hanya memerlukan usaha sedikit untuk merobohkan sebuah panti asuhan tua. Dan seperti dugaanku, semua berjalan lancar sampai seorang perempuan bernama Han Mi Soo datang sambil membawa bencana besar untuk memutarbalikkan hidupku. Hingga kini aku terjebak antara kenyataan juga harapanku untuk bersamanya.


Wanita bergolongan AB selalu bisa mengimbangi sisi kreatif laki-laki bergolongan darah B. Hal ini membuat keduanya selalu saling melengkapi. Dan, hanya wanita golongan darah AB yang sanggup memahaminya.


-----

Han Mi Soo, perempuan bergolongan darah AB. Bekerja sebagai koki di sebuah restoran bintang lima, Pleasent & Delicate. Diangkat anak oleh keluarga Han, yang masih merupakan donatur suatu panti asuhan

Choi Ji Hoon, laki-laki bergolongan darah B. Bekerja sebagai pengacara dan semua kasusnya tidak pernah gagal. Memiliki hubungan yang tidak baik dengan sang ayah karena suatu alasan.

Minggu cerah di musim panas terasa sangat indah bagi Han Mi Soo dan sahabatnya, Shin Hye Sun. Mereka sedang menikmati waktu bersantai di Caffést, sebuah cafe yang baru dibuka dengan tema unik, nyaman dan memikat. Interior cafe itu didominasi oleh kayu dengan dinding cafe yang ditutupi rak-rak buku berbagai genre. Mi Soo sendiri malah menyukai motto cafe tersebut, yaitu: Bright Up Your Day!

Sayangnya suasana damai dan tenang yang didapat Mi Soo beberapa menit lalu terganggu oleh ribut-ribut dari meja lainnya. Mi Soo mengira itu tentang perselingkuhan. Mi Soo pun memperingkatkan Hye Sun agar tidak menyuruhnya jatuh cinta lagi, segala hal berbau cinta benar-benar tidak cocok dengannya.

Di sisi lain, Choi Ji Hoon baru saja menyelesaikan kasus lagi. Ia pun mengunjungi kakeknya di salah satu restoran bintang lima, Pleasant & Delicate. Mereka pun berbincang-bincang hingga mencapai satu topik mengenai pasangan untuk Ji Hoon. Kakeknya menawarkan Ji Hoon untuk bertemu dengan Go Ra Yun, tapi Ji Hoon tidak mau karena gadis itu kekanak-kanakan. Kakeknya pun berkata, carilah sesuai kekinginan Ji Hoon, kalau bisa masakannya harus seenak masakan restoran ini.

Sementara itu, Hye Sun yang telah selesai memasak mengajak Mi Soo untuk melihat tamu. Hye Sun pun menunjuk salah satu pelanggan paling tampan yang pernah dilihatnya, membuat Mi Soo juga mengakui hal itu dalam hati. Tapi, laki-laki itu ternyata merupakan orang yang akan menuntut tanah dan rumah anak-anak panti. Apa yang akan terjadi pada mereka selanjutnya? Bagaimana pula kisah antara Mr B dan Miss AB ini berjalan?


REVIEW

Satu hal yang dapat dipelajari oleh Ji Hoon. Jangan pernah memberi tahu alamat rumahmu pada siapa pun! -- hlm 81 

Saya suka dengan alur novel ini yang runtut dan pengambaran latar cafe, restoran serta rumah Ji Hoon yang baik. Tidak menyangka juga penulisnya kelahiran tahun '99.

Cerita mengenai Mi Soo dan Ji Hoon pun membuat saya tidak ingin berhenti membacanya. Dan ternyata cukup sehari saja untuk menghabiskan novel ini. Namun sebenarnya ada satu hal yang ganjil menurut saya, bagaimana Mi Soo tahu kalau Ji Hoon bergolongan darah B? Yang disebutkan di sini cuma saat Hye Sun meramalkan gologan darah Ji Hoon di bab awal. Dan sepertinya tidak ada dijelaskan di sini tentang Mi Soo yang diam-diam mencari identitas Ji Hoon. Dan juga tidak ada Ji Hoon yang mengatakan golongan darahnya pada Mi Soo. Atau saya yang terlewat ya membacanya?

Dan juga satu hal lagi, saya sangat menyayangkan nasib anak-anak panti. Awalnya saya menyangka ini akan lebih kepada perdebatan Mi Soo dengan Ji Hoon untuk membuat anak-anak itu tetap tinggal, tapi saya lupa kalau ini novel romance, bukan novel thriller.

"Rajinlah berolahraga agar tinggi," suara Ji Hoon yang berat sedikit mengejutkan Mi Soo. Ia segera mengambil gelas yang disodorkan Ji Hoon sambil mengangguk mengerti.
"Gomawo. Aku sudah 23 tahun jadi tidak akan bertumbuh tinggi lagi."
"Maka carilah pasangan yang tinggi," Ji Hoon dengan mudahnya mengatakan hal itu seakan-akan tidak ada pertikaian yang pernah terjadi di antara keduanya.
"Kau sedang promosi ya?"

Selain itu sih tidak ada masalah. Saya sangat suka gaya penulisan Byanca Sasta ini. Ringan dan feel romance-nya dapat. Penjelasan golongan darahnya juga sesuai. Perempuan AB yang tidak tertebak dan laki-laki B yang mempunyai banyak kepribadian.

Novel ini juga rekomen untuk yang sedang mencari bacaan ringan namun tetap mempunyai kesan tersendiri.

"Kau tidak bisa membayangkan betapa aku ingin ini jadi kenyataan "


*Review ini diikutkan dalam Indonesia Romance Reading Challenge 2016

Posting Komentar

0 Komentar