[Blog Tour] Review: P.S. I Still Love You

Judul: P.S. I Still Love You
Penulis: Jenny Han
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Titish A.K.
Ilustrasi isi: @teguhra
Penerbit: Spring
Cetakan kedua: Juni 2017
Tebal: 356 halaman
ISBN: 978-602-71505-3-9
Keterangan: Romance Family, Series


B L U R B

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.


Baca juga: Review To All The Boys I've Loved Before

R E V I E W

Sejujurnya saya tidak begitu suka membaca novel romance. Bukan karena saya tidak menyukai romance, melainkan romance yang bagus dan komposisinya pas sulit sekali untuk ditemukan. Dan Jenny Han termasuk penulis yang sangat cocok untuk menuliskan novel romance. Baik novel pertama Lara Jean, maupun novel kedua ini memiliki kisahnya masing-masing yang disampaikan dengan khas.

P.S. I Still Love You sendiri diperlihatkan bahwa Lara Jean telah keluar dari 'cangkang'-nya dan menerima kenyataan kalau ia benar-benar jatuh cinta pada seorang cowok. Lara Jean yang terbiasa hidup dalam lingkungan aman keluarganya mulai merasakan perasaan patah hati dan bimbang. 
“Semua terasa seolah akan berlangsung selamanya, tapi sebenarnya tidak. Cinta bisa pergi atau orang-orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah.” – hlm 35
Lara Jean menyadari ia benar-benar menyukai Peter. Namun ternyata ketika seseorang di masa lalunya kembali, Lara Jean tidak bisa menemukan siapa yang benar-benar ia sukai. Kebetulan seseorang yang bernama John Ambrose McLaren itu juga pernah ditulisi surat cinta oleh Lara Jean. Dan John membalas suratnya! Bagaimana perasaanmu ketika orang yang dulu kausukai membalas surat cintamu saat kau sudah punya pacar? Begitulah perasaan Lara Jean saat ini.
“Aku menyukai kalian berdua dengan kadar yang sama,” kataku padanya.
“Hal seperti itu tidak ada.” Stormy mendengus. “Tidak seorang pun bisa menyukai siapa pun dengan kadar yang sama persis.” – hlm 110
Boleh dibilang, John mengambil alih tempat Peter dengan sangat-sangat mengagumkan. Sementara Peter masih tidak bisa memilih antara Lara Jean atau Genevieve, John dengan sangat pasti menunjukkan rasa sukanya pada Lara Jean.

Selain itu, perkembangan keluarga Song juga sangat signifikan. Ayah Lara Jean yang sudah menduda sekitar--tidak tahu juga berapa--akhirnya mulai kencan lagi! Lalu Margot akhirnya bisa move on dari Josh dan mulai lebih terbuka. Dan Kitty, si bungsu, mendapat seekor anjing baru yang diberi nama Jamie untuk hadiah ulang tahunnya.

Dan yang paling terasa sekali dalam novel ini adalah, kenyataan bahwa Genevieve itu juga 'manusia'. Sebelumnya waktu membaca TATBILB, saya merasa Genevieve ini hantu. Keberadaannya hanya ada di kepala Lara Jean untuk menakut-nakutinya. Sekarang, akhirnya Genevieve benar-benar berbicara dengan 'suaranya' sendiri. Dan ya, Genevieve memang menakutkan.

Terakhir, sepertinya mengambil kegiatan di panti jompo tidak buruk juga. Stormy, si nenek yang aktif banget selalu punya kutipan oke buat dihayati.
“Hidup memang tidak menyamaratakan pria dan wanita. Kalau kau sampai hamil, hidupmulah yang akan berubah. Si pemuda tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Kau yang akan jadi bahan bisik-bisik semua orang.” – hlm 142
“Maksudku kau harus hati-hati. Kau harus sangat berhati-hati seolah ini masalah hidup dan mati, karena memang begitulah kenyataannya.” Stormy menatapku penuh arti. “Dan jangan pernah memercayakan pemuda itu untuk melindungimu. Seorang wanita selalu bisa melindungi dirinya sendiri.” – hlm 142-143

 G I V E A W A Y 
T I M E!!!



Setelah blog tour dari masing-masing host selesai diposting, akan ada giveaway final di fanpage Penerbit Spring. Cara menjawabnya adalah dengan mengumpulkan jawaban pertanyaan dari masing-masing host. Jadi ini dia syarat dari blogku:
  1. Like dan follow semua akun media sosial Penerbit Spring.
  2. Follow twitterku @fira_yoopies, dan instagramku @firaa96
  3. Pertanyaan dari blogku adalah:

Siapa nama anjing baru Kitty?

Sudah tahu jawabannya? Dicatat dulu, ya, untuk giveaway final ^^
Semoga berhasil! :D

Posting Komentar

1 Komentar