[Kaleidoskop 2017] Daftar Buku Bacaan, Asal Usulnya, dan Daftar Utang

2017 itu tahun penuh utang buat saya. Saya bukan orang yang hobi numpuk buku, tapi saya lagi gak selera membaca. Walaupun gak selera baca, minat jajan saya meningkat drastis. Jadi ada ketimpangan di sini yang membuat saya punya banyak timbunan. (#OOT Kabar baiknya saya sempat ikutan event lomba nulis GWP3, walau cuma jadi peserta. Seru sekali ternyata ikutan event serius, apalagi pas servernya hang gara-gara rebutan buka. Saya penasaran sama buku pemenang, tapi mood baca saya lagi gak mendukung. Saya juga sempat ikutan beberapa kelas menulis online berbayar maupun gratis. Jadi mood baca, tulis, jajan saya lagi kompak merusuh).

Berikut adalah penjabarannya:


Buku beli:
1. Insecure - Seplia
2. Dark Memory - Jack Lance
3. Sylvia's Letter - Miranda Malonka
4. Stolen Years - Bae Yue Chang An
5. Handle With Care - Jodi Picoult
6. Angel in The Rain - Windry Ramadhina
7. Misteri Patung Garam - Ruwi Meita
8. Scheduled Suicide Day - Akiyoshi Rikako
9. The Lunar Chronicles #3: Cress - Marissa Meyer
10. The Lunar Chronicles #4: Winter - Marissa Meyer
11. Alias - Ruwi Meita
12. Menulis & Berpikir Kreatif #2 - Ayu Utami
13. Dangerous Boys - Abigail Haas
14. Immortal Series #2 - Blue Moon - Alyson Noel
15. Immortal Series #3 - Shadowland - Alyson Noel
16. Immortal Series #4 - Dark Flame - Alyson Noel
17. Immortal Series #5 - Night Star - Alyson Noel
18. Immortal Series #6 - Everlasting - Alyson Noel
19. Diary Jomblo Darurat - Dion Sagirang
20. Sang Penanti - Onet Adithia Rizlan
21. Miss Katalis - Butet Benny Manurung
22. Prince Cupu Lope Ghost

Lalu ada yang saya beli akhir tahun (saya telat ikutan harbolnas sih, jadi pas eventnya habis ada lagi yang ngasih 25-30%), tapi belum sampai juga ke rumah saya hingga sekarang.

23. Always and Forever, Lara Jean - Jenny Han
24. Selasa Bersama Morrie - Mitch Albom
25. Dark Matter - Blake Crouch

Lalu saya beli via googleplaybooks:
26. Editing 101 - Jia Effendie
27. Kastil Es & Air Mancur yang Berdansa - Prisca Primasari

Tahun 2016 saya cuma jajan 5 buku loh. 2017 jadi banyak gini. Mana yang kebaca cuma dikit. :")

Buku baca di Scoop Premium:

Tahun ini juga pertama kalinya saya membaca di Scoop. Saya membaca ini karena melihat ada yang lagi nyari teman buat baca bareng Scoop (baca berlima, bayar berlima). Saya cukup puas dengan aplikasi ini. Cuma waktu itu mood baca saya lagi jelek, jadi saya cuma bisa baca dikit.

1. Fixing a Broken Heart - Indah Hanaco
2. Three Sisters - Seplia
3. Replay - Seplia
4. Mr B vs Ms A: Innocent
5. Seasons to Remember  - Ilana Tan
6. BTOB Fun Facts - Annisa, Chintya, & Friska of @BTOBIndonesia
7. Iridescent Life - Cuncun & Jongie
8. Mr A vs Miss A: Gravitasia - Flazia
9. Mr O vs Ms B: Promise - Byanca Sastra
10. Then and Now - Arleen A.
11. #AboutFriends - Tere Liye

Buku hasil buntelan:
1. Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang - Gina Gabrielle [giveaway]
2. Bulan Merah - Gin Teguh [giveaway di goodreads]
3. Online Wedding - Vicantika [untuk host giveaway]
4. Kumpulan Cerita Rakyat Cina - Sastra Klasik [giveaway di goodreads]
5. Avalon #6 - Rachel Roberts [giveaway]
6. Andy Noya: Kisah Hidupku - [giveaway]
7. Selestia dan Penjara Teka-Teki - Yozar Firdaus Amrullah [untuk direview]
8. Love in Kyoto - Silvarani [reward Resensi Pilihan Gramedia]
9. Bulan Terbelah di Langit Amerika - Hanum & Rangga [reward Resensi Pilihan Gramedia]
10. The Curse of Beauty - Indah Hanaco [giveaway]
11. Loved You Before I Met You - Lina Ramda [giveaway]
12. PS I Still Love You - Jenny Han [untuk host giveaway]
13. A Thing Called Us - Andry Setiawan [untuk host giveaway]

Buku baca di I-Jakarta:
1. The Girl on The Train - Paula Hawkins
2. Critical Eleven - Ika Natassa
3. The Fire Sermon - Francesca Haig
4. The Golem and The Jinni - Helena Wecker
5. Haute Heart - Regina Alexandra
6. Red Queen - Victoria Aveyard
7. Luka Dalam Bara - Bernard Batubara
8. Dae-Ho's Delivery Servise - Pretty Angela
9. Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Itu Tetap Cinta - Tere Liye
10. Katarsis - Anastasia Aemilia
11. 13: Kumpulan Cerpen Horor - PSST (Primadona Angela dan Shandy Tan)
12. Flat Shoes Oppa - Citra Novy


Buku re-read:
1. French Pink - Prisca Primasari


Dari sekitar 37 buku yang saya baca, favorit saya jatuh pada:
1. Then & Now
2. The Fire Sermon
3. Mr A vs Ms A: Gravitasia
4. A Thing Called Us
5. The Lunar Chronicles Series: Cress dan Winter
6. The Girl on The Train
7. Online Wedding
8. Katarsis

Tahun ini saya nemu penulis-penulis yang tulisannya bakalan saya nantikan.
1. Arleen A
2. Flazia
3. Vicantika
4. Pretty Angela
5. Andry Setiawan
6. Francesca Haig
7. Paula Hawkins

Nomor 1-5 penulis lokal, loh. ^^

Dan karena dari banyaknya jajan saya tahun 2017 ini, saya menjadikan timbunan itu utang di tahun 2018. Sebisanya setelah baca nulis review, kalau bisa lagi nulis resensinya juga. Saya lagi semangat banget balik ke dunia tulis menulis. Vakum dua tahun ternyata cukuplah buat saya. Selamat menyambut salah nulis tahun di buku tulis, ya!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Boleh banget ini idenya untuk membuat daftar list buku yang sudah dan belum dibaca. Saya ada cukup banyak yg belum dibaca, malah belum dibuka dari plastiknya. Beli karena pengen koleksi buku yang konon bagus. ternyata kesempatan untuk membaca buku berkurang krn banyakan baca medsos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Belinya gampang banget, tapi pas mau baca jadi salah fokus ke medsos

      Hapus
  2. Katarsis ini novel thriller lokal yang bikin saya jatuh cinta.

    BalasHapus