[Blog Tour] Review & Giveaway: Giselle


Judul: Giselle
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Clara Canceriana
Pemeriksa Bahasa: Andry Setiawan
Penyunting: Prisca Primasari
Penyelaras Aksara: Titish A.K.
Desainer Sampul: Pola
Penata Sampul: @teguhra
Tebal: 400 halaman
Terbit: Maret 2019
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-52972-9-8
Keterangan: Misteri, Balet

B L U R B


Lima belas tahun yang lalu, prima balerina Himemiya Mayumi tak sengaja menusuk dirinya sendiri hingga mati dalam usahanya menyerang Kurebayashi Reina, saat balet "Giselle" ditampilkan. "Giselle" pun menjadi judul terlarang dalam Tokyo Grand Ballet.

Lima belas tahun kemudian, sebagai perayaan ulang tahun Tokyo Grand Ballet, "Giselle" diputuskan untuk ditampilkan kembali.

Akan tetapi, saat mereka mulai mempersiapkan pertunjukkan, arwah Mayumi mulai muncul. Berbagai kecelakaan dan kejadian nahas pun terjadi beruntun.

Sebenarnya mengapa arwah Mayumi kembali? Apa yang sebenarnya terjadi lima belas tahun silam?

R E V I E W
Dalam dunia balet, bisa dikatakan sudah menjadi nasib balerina untuk merasa iri pada balerina lain, dan merasa rendah diri.
Pementasan "Giselle" dibuka kembali. Tidak ada yang menyangka pementasan itu akan dibuka setelah lima belas tahun disegel di Tokyo Grand Ballet Theathe. Penyebab pasti repertoar "Giselle" disegel simpang siur, membicarakan tentang tragedi "Giselle" itu pun tidak diperbolehkan. 

Kisaragi Kanon, bagian dari kuartet--empat bersahabat--mendapatkan peran Myrtha. Kanon senang sekali karena Myrtha termasuk peran yang banyak mendapatkan sorotan dalam pementasan "Giselle". Namun yang mengejutkan, Sonomura Yukiko--juga anggota kuartet--malah tiba-tiba membenci Kanon. Padahal sebelumnya pertemanan mereka baik-baik saja. Dan itu masih di awal persiapan pementasan.

Belum lagi, arwah Mayumi tiba-tiba terlihat. Bahkan arwah prima ballerina itu pun menghantui orang-orang besar di Tokyo Grand Ballet Theathe dan menimbulkan korban jiwa. Seolah berkata: menarilah bersamaku hingga mati....

*** 

Sebelumnya terima kasih pada Penerbit Haru sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk menjadi host blog tour Giselle ini. Saya penasaran sekali dengan Giselle karena sebelumnya pernah membaca novel lain yang referensinya juga balet "Giselle". Terlebih buku ini ditulis oleh Akiyoshi Rikako, yang tulisannya penuh twist. Saya akhirnya mendapat sedikit gambaran seperti apa balet "Giselle" itu.
"Apakah ada peran minor dalam kehidupan kita yang sesungguhnya? Tidak selayaknya ada. Semua orang menjalani kehidupan masing-masing dengan memegang peranan besar. Panggung pun sama seperti itu." 
Balet "Giselle" bercerita tentang gadis desa yang jatuh cinta pada seorang petani, namun petani itu ternyata adalah bangsawan yang menyamar. Di sisi lain, bangsawan tersebut sudah bertunangan dengan seorang putri raja. Ketika mengetahui kalau petani yang dicintainya telah membohonginya, Giselle pun bersikeras kalau laki-laki itu pasti tidak bohong. Namun tetap saja, fakta adalah fakta. Lalu Giselle yang depresi menari sampai mati.... Kemudian ada para arwah yang dinamakan The Willis dan willis, dan peran penting lainnya si ratu pendendam bernama Myrtha.

Berbeda dengan novel lain karya Akiyoshi Rikako, novel Giselle ini lebih nyaman dibaca pelan-pelan. Saya yang biasanya hanya perlu waktu dua hari untuk membaca novel beliau, khusus Giselle malah memakan waktu seminggu. Bukan karena tidak seru, tapi pemahaman tentang seni balet dan alurnya memang alur pelan. Nuansa dari Giselle ini sendiri pun bisa dibilang indah. Penulis berhasil membuat novel yang tidak hanya fokus di alur, tapi juga feel tentang seni. Karena itu saya menobatkan Giselle sebagai novel yang paling saya sukai dari novel-novel lain Akiyoshi Rikako.
"Jika dilihat sekilas, panggung adalah seekor ikan raksasa. Tapi kalau dilihat dari dekat, ada puluhan ikan berwujud penari yang berkumpul. Semua berusaha keras menggerakkan tangan dan tungkai, juga ekor dan sirip masing-masing...." -- hlm 63
"Tidak ada kata benar atau salah dalam interpetasi. Selama memiliki dasar yang kuat mengapa jatuh pada kesimpulan itu, pada dasarnya kalian bebas berpendapat." -- hlm 77
Untuk misterinya sendiri, ada rahasia-rahasia yang berkumpul di belakang balet Giselle yang disegel. Pembawaan konfliknya khas Akiyoshi, kumpulan orang-orang egois yang mengutamakan keinginannya masing-masing. Saya sempat menebak motif pelaku, namun tetap saja masih terkecoh dengan twist-twist lainnya. 

Secara umum novel ini cocok untuk penyuka genre misteri dengan alur pelan, tapi penuh twist yang mengagumkan.
"Tapi, ketika kau menjadi seorang profesional, semua akan berbeda. Kau diharapkan bisa menari dengan teknik yang tinggi, selama puluhan menit. Dan kau sama sekali tidak bisa memilih antara repertoar yang paling kau kuasai atau tidak...." -- hlm 149



G I V E A W A Y !!! 


Blogku mengawali rangkaian dari blog tour Giselle dan A Piece of The Moon. Review Giselle sudah, kali ini masuk giveaway. Siapa yang suka berburu merchandise unyu? Kali ini Penerbit Haru punya notes Day by Day dan keychain random untuk kalian, lho...

Caranya mudah. Kuy cek di bawah ini:

1. Like dan follow akun fanpage/twitter/instagram @PenerbitHaru.
2. Follow akunku @fira_yoopies (twitter) atau @fitraaulianty (instagram). Lalu share info giveaway ini di sosmed yang kamu punya dan mention aku. Kalau via instagram cukup screenshot postingan blog ini di insta stories lalu mention aku, ya!
3. Tinggalkan kesanmu setelah membaca review Giselle ini, beserta nama dan akun sosmedmu di komenan blog.
4. Giveway cuma berlangsung selama 5 hari, hingga 1 Mei 2019.
5. Mudah kan? Semoga beruntung!

GIVEAWAY WINNER

Terima kasih buat teman-teman yang udah ikutan giveaway di blogku. Oke saatnya pengumuman pemenang!

Selamat!!

Sandra Febry Adriani
Twitter: @sandrafaa

Kamu mendapatkan merchandise kece dari Penerbit Haru!.
Kirim data dirimu (nama, alamat, kode pos, dan nomor hp) ke DM twitterku.


Ikuti juga blog tour lainnya di blog berikut!

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Setelah baca giselle,aku sendiri jadi tahu yang namanya persaingan di dunia itu ada dimana2,bahkan yg harusnya balet yang dijadikan hobi dan bakat.Selain itu,saya dari dulu suka bgt dgn plot twist yang diberikan Akiyoshi-san kepembaca sekalian dari awal sampai akhir...Saya sendiri juga sebenarnya belum baca bukunya tapi setelah membaca blog tour ini,saya tertarik untuk membacanya karena pastinya isi buku ini akan beda dengan buku akiyoshi-san yang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo... tinggalkan nama dan akun sosmed kamu juga ya ^^

      Hapus
  2. Buat penasaran novel nya.. aroma" nya tuh buat mkin penasaran gimana kelanjutannya, aduhhh jd pengen banget baca nya!!! Jd pengen tw gimana nasip kanon cs, apakah bakal selamat dari teror hantu balerina.. penasaran.. penasaran.. penasaran ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo... tinggalkan nama dan akun sosmed kamu juga ya ^^

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sebenarnya di sinopsis sudah membuat aku bertanya2 akan novel ini;kenapa Mayumi ingin bunuh Reina, kenapa harus 15 tahun kemudian, kenapa harus yang mempersiapkan pertunjukan jadi korban, kenapa Giselle mengungkapkan patah hatinya dengan menari sampai mati, padahal pada cerita dahulunya tidak ada tokoh myrtha, the Willis, dan Willis lalu kenapa jadi pernah penting. Semua ini membuatku bertanya2 dan untunglah aku diselamatin dengan review yang sebagus ini. Lengkap, hingga memuat beberapa kata magic dari novel gissele. Tapi, ini aja gak cukup! Aku ingin tenggelam dan larut dalam gaya bahasa akiyoshi serta mendamba untuk dikecohkan lagi dengan twist yang out of the box. Sebuah masterpiece yang membuatku semakin kebelet untuk terlena dengan "Giselle".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Ade khairunnisa
      Akunku di Ig : @khairunnisaade.j

      Hapus
  5. Halo kak! Kesan di saat membaca review kakak? PENASARAN BERAT KAK!!! Whoahh tentunya saya sangat sangat penasaran sekali kak sama buku Gissele ini ditambah paparan review kakak huaaaa 😭😭😭 Dari dulu saya sering dibilangin kalau karyanya Akiyoshi Rikako-sensei sangat keren apalagi plot twist beliau sangat sangat tidak terduga aaaa 😭 Saya penyuka misteri, tapi sayang saya belum baca bukunya Akiyoshi Rikako-sensei satupun huaaa, soalnya mau nabung dulu ahahah 😂 kalau dari review kakak, saya paling penasaran sama arwah Gissele yang gentayangan, apakah benar? Atau tidak? Atau hanya permainan orang lain yang mengatasnamakan nama Gissele? Dan apa hubungan dari cerita 15 tahun yang lalu dengan masa yang sekarang? Menarik, sungguh!
    Dan penasaran bagaimana endingnya yang super duper plot twist aaaaa, penasaran 😭 Dan
    saya penasaran dan ingin sekali merasakan apa yang kakak rasakan di saat membaca buku ini, seperti perasaan "Whoahh, ternyata seperti ini," saya ingin merasakan sensasi cerita misteri Akiyoshi Rikako-sensei! 😭
    *maaf kak kepanjangan dan jadi sedikit tjurhad 😂

    Nama: Aka
    Sosmed: @bacem07 (ig)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Abdurrahmansyah
    Akun Instagram : abrasy_
    Kesan pertama setelah baca review ini adalah : NJAY, WA JADI MAKIN PENASARAN. Sejak mengkhatamkan girls in the dark, aku jadi cinta sama tulisan Akiyoshi Rikako dan berjanji untuk membaca semua karyanya. Tapi ya untuk Gissele ini keknya belum menemui titik terang dikarenakan keuanganku sebagai pelajar yang tak tentu arah, apalagi ini lagi tanggal tua ;( TAPI AKU JADI NGEBET BACA BUKUNYA SESUDAH BACA REVIEW INI. KAKAK HARUS TANGGUNG JAWAB!

    BalasHapus
  9. Sejak spoiler" tentang giselle mulai bertebaran di ig @penerbitharu udh bener" tertarik sama novel ini,ditambah baca review kk barusan jadi tambah penasaran, apalagi saat baca "menarilah bersamaku hingga mati.." langsungg merindingg euyyy 😲😌
    Aaaaa... Pengen cpet" bisa belii tapi bentar lagi mau puasa + lebaran, eotteohke 😣😣

    Nama : Yulianti Sekar Wangi
    Ig : @yulianti_sw

    BalasHapus
  10. Sandra Febry Adriani
    Twitter: @sandrafaa

    Aku sudah punya dua novel karya mbak Akiyoshi, yaitu girls in the dark and the dark return. Aku adalah penggemar Penerbit Haru, jadi lain halnya, aku tidak punya penulis tertentu tapi aku punya penerbit yg disukai.

    Aku suka menonton pertunjukan balet. Aku tidak bisa menyombngkan diri kalau aku tahu segala hal tentang balet karena jujur aku hanya amatiran yg menyukai karya seni yang bisa menyenangkan mata untuk ditonton. Tentu saja itu tidak luput dari pengaruh Film Barbie sejak aku masih umur 5 tahun (thanks to Barbie). Sehingga saat aku menunggu dan stalking akun Penerbit Haru barutaulah aku kalau karya kak Akiyoshi udah membukit ada sama Penerbit Haru salah satunya Gissele.
    Aku bukan pencinta genre Horor dan mysteri tetapi karya kak Akiyoshi itu tidak bisa ditolak oleh siapapun ≥3≤.aku selalu dibuat kagum oleh karyanya dan plot twist yang super nyebelin, ngagetin, dan bikin melongo untul beberapa waktu karena berusaha mencernah adegan ending yang tidak tertebak ini. Tapi itu sangat luar biasa sekali! Bikin dugun dugun bangettt, adrenalin terpacu. Oke kedengarannya sih berlebiham tetapi aku memang gak berbohong soal itu.
    Jadi, aku pengin sekali beli gissele, aku udah coba masukin ke wishlist ku. Tapi sayang Wishlist ku udag numpuk sama karya Kak Merissa Meyer jadi Giselle ini msih belum terpenuhi. Tapi Thanks to Haru dan Kakak Blogger My Dreamland Stories, udab ngasih kesempatan buat ngadain blogtour dan giveaway ini buat aku..(´ ▽`).。o♡

    BalasHapus
  11. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza

    Kesan : awalnya sih pas ngeliat kover gak nyangka kalau ini tuh kisah tentanh ballet berdarah gitu terus setelah bawa reviewnya jadi kepikiran wah seru nih kayaknya apalagi aku kan suka banget sama cerita misteri kayak gini. Review novel ini mengingatkan aku dengan salah satu cerita tentang pertunjukkan opera yang selalu memakan korban setelah kematian pemeran utamanya. Kisah ini tuh semacam bring back memories gitu hehe soalnya dulu aku suka nonton/baca cerita tentang si pemeran utama yang menghantui tempat pertunjukkan setelah kematiannya. Jadi gak sabar pengen baca cerita seperti ini lagi pengen tau gitu bedanya dengan cerita lain semacam ini hehe

    BalasHapus
  12. Kesanku setelah baca review ini, aku suka novel ini dan jadi penasaran dengan alur cerita lengkapnya. Aku pikir, buku ini cocok untuk para pecinta thriller suspense/misteri.

    Nama : Yenny
    Twitter : @caramacchiato98

    BalasHapus
  13. Aku sangat menyukai novel misteri, hingga saat membaca review-nya aku merasa harus membaca lengkap novel tersebut. Dibuat penasaran olehnya, apalagi dalam review-nya bercerita tentang balet karena sebelumnya saya belum pernah membaca novel yang bercerita tentang balet. Mungkin saya akan membacanya berkali-kali seperti yang kakak lakukan. Karena memang untuk memahami novel misteri lain saya butuh waktu sedikit lama tidak bisa memahami dengan cepat. Apalagi novel ini, seperti yang kakak bilang pemahaman tentang seni balet dan alurnya memang alur pelan. Sangat menarik.

    Nama : Farrah Nur Fadhilah
    Twitter : @Rarah_09

    BalasHapus
  14. Terimakasih banyak kakak Blogger, Alhamdulillah.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus