[Review] Dark Matter

Judul: Dark Matter
Penulis: Blake Crouch
Penerjemah: Jia Effendie
Penyunting: Maria Lubis
Penyelaras aksara: Nunung Wiyati
Penata aksara: cddc
Perancang sampul: Fahmi Ilmansyah
Penerbit: Noura Books
Terbit: April 2017
Tebal: 476 hlm
ISBN: 978-602-385-185-0
Keterangan: Misteri, Multidimensi, Fisika

B L U R B

Apa kau bahagia dengan hidupmu?

Pernahkah kau bertanya-tanya bagaimana jika seandainya kau mengambil pilihan yang berbeda?

Suatu malam—tanpa firasat apa pun—Jason Dessen diculik dan sesuatu disuntikkan ke tubuhnya. Dia mendapati dirinya terbangun di dunia yang berbeda. Di sana istrinya bukanlah istrinya dan anaknya tak pernah terlahir sama sekali. Di sana dia bukanlah dosen fisika biasa, melainkan genius terkenal yang telah melakukan hal-hal istimewa. Di sana segalanya tampak sama, sekaligus berbeda. Ke mana kehidupannya yang lama? Bagaimana caranya agar dia bisa kembali?

Hanya itulah yang Jason inginkan: kembali ke keluarga yang dicintainya, tempat dia merasa bahagia. Namun, perjalanan menuju ke sana demikian berliku dan menakutkan, melebihi imajinasi terliarnya sekalipun.

R E V I E W


Jason Dessen diculik oleh seorang pria bertopeng setelah ia pulang dari perayaan atas keberhasilan mantan teman sekamarnya, Ryan Holder. Pria bertopeng itu membawa Jason ke tempat yang jauh, menyuntik Jason, dan mengambil barang-barang miliknya, termasuk es krim yang dibeli Jason untuk makan malam keluarga. Jason juga ditanyai tentang kehidupannya oleh si penculik, tentang kebahagiaan dan ambisinya yang telah redup. 
"Bagaimana rasanya menjadi dirimu."
"Apa maksudmu?"
Dia ragu, kemudian, "Apa yang kau rasakan tentang tempatmu di dunia, Jason?"
Aku berkata perlahan, berhati-hati, "Itu sebuah pertanyaan menarik mengingat apa yang telah kau lakukan malam ini kepadaku."
"Apa kau bahagia dengan hidupmu?"
Jason, seorang dosen Fisika di universitas kecil. Ia hidup bersama seorang istri dan anak, dan tidak pernah sekalipun menyesalkan keputusannya mempertahankan keluarganya. Saat Jason pertama kali bertemu Daniela--istrinya--Jason tengah mengembangkan kehidupan ilmuwannya, sementara sang istri juga baru berhasil membuat galeri seni. Jason dan Daniela tengah di masa kejayaan mereka terhadap pekerjaannya, tapi kemudian Jason melepaskan itu ketika mengetahui Daniela hamil dan menikahi wanita tersebut. Meski begitu, Jason masih bertanya-tanya, "Bagaimana jadinya jika ia mengambil jalan yang berbeda dengan hari itu? Bagaimana jika ialah yang memenangkan penghargaan dalam bidang ilmuwan itu?" 

Penculikan itu membawa Jason ke dunia yang berbeda. Ke tempat di mana pilihan yang tidak pernah ia ambil hidup sebagai semesta yang lain. Kehidupan Jason yang lain.

*** 

Aku tidak diizinkan untuk berpikir bahwa aku gila.
Aku hanya diperbolehkan untuk menyelesaikan masalah ini.
Fisika eksperimental—dari semua cabang keilmuan—akan menyelesaikan masalah-masalah. Namun, kita tidak bisa menyelesaikan semuanya sekaligus. Selalu ada pertanyaan yang lebih besar dan menyeluruh—target yang besar. Namun, jika terobsesi dalam besarnya belaka, kita akan kehilangan fokus. (hlm 109-110)
Novel dengan tokoh utama Jason Dessen yang berlawanan dengan 'Jason Dessen lainnya' ini pada awalnya membingungkan dan membosankan, terlebih karena kalimat-kalimat pembuka banyak yang hanya kalimat pendek. Penulis membawakan latar belakang dunia multisemesta di awal dengan berbagai ilmu Fisika yang tidak saya mengerti. Namun, semakin lama novel ini semakin seru. Jason Dessen yang menolak mengakui kalau ia berada di dunia berbeda, kemudian menyadari kalau semesta yang dipijaknya saat ini adalah perbuatan dari Jason lain yang kemudian disebut Jason2. 

Jason lalu melarikan diri dari orang-orang tim penelitian Jason2 bersama Amanda Lucas, dan memasuki kotak dengan berbekal 50 ampul. Dalam perjalanan Jason memasuki banyak dunia lain yang serupa dengan rumahnya, tapi tak satupun yang benar-benar 'rumah'. 

“Aku tidak tahu bagaimana denganmu, tapi dunia lamaku semakin lama semakin terasa seperti hantu. Kau tahu bagaimana sebuah mimpi terasa semakin jauh dari yang kau ingat? Ia kehilangan warna, intensitas, dan logika. Koneksi emosionalmu terhadapnya memudar.” (hlm 301)
Saat kemudian Jason berhasil menemukan dimensi tempat ia sebenarnya berasal, Jason masih harus menghadapi peperangan dengan dirinya yang lain. Ada banyak versi Jason yang tersesat dan menginginkan tempatnya berada. Mereka semua menginginkan Daniela dan Charlie, keluarganya. Uniknya, sampai ada UserChat yang berisi kumpulan Jason dengan JasonADMIN sebagai pembuat grup. Saya lucu sendiri membaca bagian ini, seperti chat dengan diri sendiri, tapi bedanya kumpulan Jason digerakkan oleh pribadi yang lain. Saya menangkap kalau penulis ingin membawa pembaca menuju pemahaman  'walaupun itu versi lain dirimu, tapi sebenarnya itu bukanlah dirimu'. Kehidupan yang tidak kita dapatkan, penyelesalan yang tidak bisa kita perbaiki, dan keinginan lama yang padam karena sudah waktunya, semuanya berada di dimensi berbeda. Kita hari ini adalah kita yang sesungguhnya, sementara yang telah berlalu menjadi bagian dari kehidupan yang seharusnya bisa dilepaskan.
Hidup tidak berjalan seperti itu. Kau hidup dengan pilihan-pilihanmu dan mempelajari sesuatu dari itu. Kau tidak menipu sistem. ( hlm 441)

Posting Komentar

0 Komentar