[Blog Tour] Interview: Chocola, Penulis The Perfect Catch


Halooo... Masih ngikutin rangkaian blog tour yang diadakan Penerbit Twigora? Sekarang giliran blog-ku yang menjadi host blog tour novel The Perfect Catch. Sebelum mengulik tentang novel ini, aku berkesempatan untuk kepo-kepo dengan penulisnya, Chocola. Ayo simak dulu wawancaranya ^^

1. Halo, Chocola! Judul novel ini kan "The Perfect Catch". "Tangkapan" seperti apa yang dimaksud oleh judul ini? Boleh dong cerita-cerita sedikit!
Halo, Fitra. Kalau diibaratkan permainan basket mungkin gini ya, bola rebound yang terpental dan gagal masuk ring ditangkap oleh orang yang tepat sampai bola itu bisa masuk dan cetak skor. Tuhan emang harus temuin kita dengan orang yang salah dulu supaya kita bisa lebih menghargai kehadiran orang yang tepat kelak.
2. Novel The Perfect Catch ini juara pertama lomba Roroteen 2017. Ceritain dong apa yang menarik dari novel ini? Apa dari pengalaman pribadi atau terinspirasi dari hal lain?
Yang menarik dari novel ini karakternya yang khas remaja masa kini banget. Ada receh-recehnya, alay-nya, gombalan maut, juga mimpi-mimpi remaja yang masih mencari jati diri. Selain itu, banyak juga quotes hidup yang bisa diambil dari novel ini. Chemistry antar tokohnya juga kuat banget.
Bisa dibilang novel ini perpaduan 30% pengalaman pribadi, 70% inspirasi. Dari materi pelajaran sosiologi tentang labeling aku jadi lebih aware sama orang-orang yang struggle dengan masalah itu, dan kebetulan ada seseorang yang pernah curhat gimana sulitnya menghadapi labeling dari orang-orang yang kadung mencap dia buruk padahal dia lagi berusaha menuju jalan yang lebih baik.
3. Katanya saat penyuntingan novel, yang jadi editornya itu penulis favorit kamu. Gimana perasaan kamu waktu itu?
Kaget dan nggak percaya. Biasanya aku yang baca tulisannya, sekarang kebalik, Mbak Prisca Primasari yang baca tulisanku. Grogi juga, berasa balik bimbingan skripsi sama dosen pembimbing lagi. Hehe...
Jadi juara 1 kompetisi menulis novel remaja Roroteen 2017 aja masih cukup bikin kaget dan gak percaya, apalagi dieditorin sama penulis favoritku. Berasa dapet kado double dari Roro XD
4. Salah satu tokoh di novel The Perfect Catch ini adalah Arga. Sebutkan tiga kata yang menggambarkan Arga, dong!
Arga itu gentleman, loyal, wise.
5. Terakhir, tulis satu kalimat yang menggambarkan The Perfect Catch!
Cinta itu kayak air, dia pasti akan mengalir ke mana seharusnya ia mengalir.

Nah itu dia wawancara bersama Chocola. Seru ya naskahnya bisa diedit penulis favorit. Gimana, udah penasaran belum dengan novel The Perfect Catch? Kalau masih penasaran, bisa baca Exclusive First Chapter novelnya dulu, lho...

Setelah ini masih ada review dan giveaway novel The Perfect Catch juga di blogku. Nantikan, ya!



PROFIL PENULIS


Chocola merupakan nama pena dari Citra Ayuning Tyas. Gadis kelahiran Tasikmalaya 13 April ini merupakan alumni pendidikan kimia Universitas Negeri Semarang. Penyuka makanan, hujan, astronomi, K-POP dan J-movie ini bercita-cita menjadi pengusaha kuliner dan penulis sukses. Moto favoritnya, “tidak ada hasil yang menghianati usaha”. Kecintaannya terhadap Semarang membuatnya ingin kota Venice van Java mendominasi latar karya-karyanya. Novel ini merupakan karya solo ke-3 yang diterbitkan, sebelumnya novel ‘In Paris Where I Meet You’ pernah diterbitkan tahun 2014 dan e-book novela ‘Miss Beauty & Mr. Brain’ diterbitkan tahun 2017. Penulis dapat disapa melalui:
Instagram: @Citra_chocola
Twitter: @Chocola134
Facebook: Chocola
Email: Glacier4tdesert@gmail.com

Posting Komentar

20 Komentar

  1. Hai, hai Fitra~
    Wawancaranya kok asa singkat banget sih :> Saya baru tahu kalo ternyata yang ngeditorin novel ini tuh penulis favorit si Chocola. Duh kok kebayang ya seneng plus groginya wkwkwk. Sukses terus buat Chocola, semoga bisa berkarya lebih banyak lagi. Sukses juga buat Fitra, semoga bisa nulis lebih banyak lagi!

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Iyap bagus novelnya ^^
      Okey, besok postingan GA-nya ya

      Hapus
  3. Tos Kak Chocola, kita sesama penggemar Kak Prisca, wkwkwk.
    Wih, bikin pingin juga jadi penulis biar ditentorin penulis favorit juga ;)

    BalasHapus
  4. Kalo dari jawaban kak Chocola, aku paham sih kak Fitra maksud judul The Perfect Catch ini kalau diibaratkan bola basket hhe

    Nah berarti novel ini remaja banget yaa kak? Seru nih, receh, gombal, cinta, persahabatan dan mimpi. Hmm kalo baca ini berasa nostalgia masa SMA ding yaa, aduuuh kebayang gimana tokoh" novel ini

    Wah temanya labeling kaak, seru nih pasti. Baru kali ini aku nemuin cerita bertema ini. Labeling itu sebenernya ada yang bikin bangga ada yang bikin ngenes yaa kak, yang bikin ngenes yaa labeling buruk. Ibaratnya udah dicap sebagai orang gak bener wkw, dan buat ngelepas itu semua tuh susah banget, gak gampang. Kayak udah melekat gitu yaa sama diri seseorang.

    Whuaaa di editorin sama penulis fav, itu seneng banget pasti yaa kak Chocola. Mauu juga wkw, badewey ngomongin tokoh, aku lebuh tertarik ke Gilang loh kak dari pada Arga wkw

    BalasHapus
  5. Cinta itu kayak air, dia pasti akan mengalir ke mana seharusnya ia mengalir. Yang terpenting sama-sama nyaman dan bisa saling menjaga perasaan pasangan masing-masing.😍💙

    BalasHapus
  6. Wah, labelling. Mancay. Kayaknya seru. Bakal bikin baper ga? 😂

    BalasHapus
  7. Aaaah, filosofi judulnya keren banget. Ngg salah lagi, novel ini wajib baca. Harus punya hehe ;). Apalagi novel ini terbaik 1 Roroteen 2017. It's very amazing, Goodness. Love it.

    BalasHapus
  8. Aaaah, filosofi judulnya keren banget. Ngg salah lagi, novel ini wajib baca. Harus punya hehe ;). Apalagi novel ini terbaik 1 Roroteen 2017. It's very amazing, Goodness. Love it.

    BalasHapus
  9. Saya benci labelling 😭😭. Pasti bakal baper banget pas baca novel ini.
    Omong-omong kutipan ini ngena banet sih :

    "
    Tuhan emang harus temuin kita dengan orang yang salah dulu supaya kita bisa lebih menghargai kehadiran orang yang tepat kelak".

    BalasHapus
  10. Pengin kenalan dong sama Arga. Secara emak nya aja ngasi pandangan begitu. Really perfect to catch 😁

    BalasHapus
  11. Wah, bisa belajar langsung ke penulis favoritnya dong ya. Hepi banget pasti itu. E tapi deg-degan juga sih ya

    BalasHapus
  12. Kece parah! Dapat durian runtuh ya kak Chocola. Sudah menang dan dapat editor penulis favoritnya. Tapi jujur, saya sangat penasaran novel ini karena ini tentang labeling. Bagaimana seseorang berjuang untuk melepaskan labeling pada dirinya. Semoga aku beruntung bisa dapatin buku ini.

    BalasHapus
  13. Kak Citra, aku juga suka astronomi loh, tos dulu dong✋
    Menghadapi labelling emang susah sih, aku juga sering kena masalah ini. Sering banget dilabel pendiam. Bahkan kalo muji pun kadang2 bawa label, kayak bilang "eh si rina diam2 gitu dia pinter loh". Nggak enak banget kan, muji masa ngelabel juga. Pdhl kalo kata org2 yg di dekatku, aku bisa cerewet juga kalo sama mereka. Emang dasar yg komen itu nggak tau aslinya kita itu gimana.
    Eh aku malah jadi curhat kan😑

    BalasHapus
  14. owalah keren .. peribaratan judul yang bener bener susah ditebak gimana jalan ceritanya, ka chocola bisa sampe kepikiran begitu ya buat judulnya :)

    BalasHapus
  15. Sepertinya novel ini bakal menarik. Apalagi permasalahan yang diangkat itu berkaitan dengan labeling. Banyak terjadi di dunia nyata. Saya sendiri juga kadang memperhatikan anak-anak kecil yang sudah 'dilabeli' dengan sesuatu. Perangainya dan segala tingkah lakunya. Malah anak-anak itu berperilaku sesuai dengan label yang sudah disematkan pada mereka.
    Jadi penasaran dengan keseruan cerita novel ini. Karena ini novel remaja, banyak gejolak dan konflik yang dirasakan remaja pada umumnya.

    BalasHapus
  16. Suka kata-kata ini "Cinta itu kayak air, dia pasti akan mengalir ke mana seharusnya ia mengalir."

    Ternyata authornya suka astronomi juga, btw samaan kaya aku nih...

    BalasHapus
  17. Suka kata-kata ini "Cinta itu kayak air, dia pasti akan mengalir ke mana seharusnya ia mengalir."

    Ternyata authornya suka astronomi juga, btw samaan kaya aku nih...

    BalasHapus